Monday, July 22, 2013

Two Sides

Di dunia ini hanya ada dua hal. Yang aku tau dan yang aku tidak tau.
Seperti aku tau bahwa aku bukan siapa-siapa, tapi aku tidak tau bahwa untuk menjadi seseorang yang aku inginkan adalah salah. Seperti aku tau bahwa aku tidak selalu mendapat apa yang aku inginkan, tapi aku tidak tau tentang hukum bahwa bermimpi dan berusaha adalah dosa. Aku tau hidup itu memang susah, karena aku tidak tau hidup orang yang punya arus lancar.

Hidup itu sulit, tapi hidup adalah hidup. Hidup yang sulit diikhlaskan dan pada akhirnya aku tau cara mengesampingkan ego. Hidup yang sulit diterka dan pada akhirnya aku belajar menerima. Hidup yang sulit digapai dan pada akhirnya aku bangun lagi.

Aku tidak menyesal. Untuk waktu atau pun rencana yang kemarin lalu aku buat. Jika sekarang aku kalah, aku cuma bisa menerka dua kemungkinan. Aku belum pantas atau aku lebih pantas ditempatkan di tempat lain. Namun aku belum cukup dewasa untuk memahami keduanya. Saat ini aku hanya sanggup menerima satu dari keduanya: Turun ke bumi lagi sebelum menggapai bintang.

Ataukah aku salah melihat bintangnya?